Lewat Tes DNA, Suku Tertua di Dunia Terbukti Masih Ada dan Lolos dari 'Kepunahan'

Lewat Tes DNA, Suku Tertua di Dunia Terbukti Masih Ada dan Lolos dari 'Kepunahan'
Gambar Ilustrasi | versobook
Intisari-online.com - Saat Christopher Colombus sampai di Karibia pada abad ke-15, masyarakat adatnya yang dikenal dengan Taino sangat terkena dampaknya. Sejarah kawasan ini sering dibagi menjadi dua oleh para sejarawan: yakni, pra dan pasca kedatangan Colombus.
Kombinasi penyakit, pembunuhan massal dan perbudakan, membunuh sekitar tiga juta orang dalam generasi tersebut. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa genosida tidak menyebabkan kepunahan seperti yang selama ini diperkirakan.
Dipublikasikan pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, para ilmuwan menemukan DNA yang sama pada masyarakat kuno dan yang masih hidup sekarang di Karibia.
“Itu menunjukkan kisah nyata mengenai asimilasi, jadi tidak mengalami kepunahan total,” kata Jorge Estevez dari National Museum of the American Indian.
Bagi Estevez yang memeriksa penelitian ini, hasilnya sangat personal. Selama ini, neneknya selalu mengatakan bahwa budaya Taino masih ada hingga sekarang. Dan itu berhasil dibuktikan dengan adanya penelitian terbaru tersebut.
Mengulik ke belakang
Hannes Schroeder, pemimpin penelitian yang sudah mempelajari wilayah tersebut lebih dari satu dekade, mengatakan, memang banyak masyarakat setempat yang bersikeras mengenai kelanjutan hidup Taino meskipun mereka telah diberitahu bahwa nenek moyangnya sudah punah.
Oleh karena itu, untuk melihat apakah masih ada populasi Taino yang tersisa, tim peneliti harus mendeteksi keberadaan materi genetika dari orang-orang Karibia pada masa kedatangan Colombus.
Kepunahan sebuah etnis terjadi ketika, “semua anggota kelompoknya telah mati dan tidak bisa lagi mewariskan materi genetiknya,” kata Schroeder.
Studi sebelumnya pernah menunjukkan adanya kontinuitas Taino, namun penelitian ini lah yang pertama kali menggunakan DNA sehingga hasilnya lebih meyakinkan. Para peneliti mendapatkan DNA tersebut dari kerangka gigi perempuan berusia seribu tahun di Bahama.
Mereka lalu membandingkan urutan genom kerangka tersebut dengan data populasi Karibia yang ada saat ini. Hasilnya menunjukkan bahwa DNA kuno itu memiliki kemiripan dengan kelompok berbahasa Arawak di Karibia. Pada masa kini, gen suku Taino banyak ditemukan pada wilayah Puerto Rico.
Migrasi kuno
Untuk menemukan bukti tambahan bagaimana Taino berhasil bertahan dari kolonisasi Eropa, Schroeder juga mampu mengumpulkan informasi mengenai adanya migrasi kuno.
Hubungannya dengan Amerika Selatan menandakan bahwa migrasi kuno bermula dari sana. Kepulauan Karibia merupakan satu dari daerah terakhir yang menetap di Amerika, sekitar delapan ribu tahun yang lalu. Ketika bermigrasi, masyarakat purba mungkin membawa jaringan sosialnya dengan mereka.
”Kami tidak memiliki adanya perkawinan sedarah,” ujar Schroeder. Ini mendukung bukti arkeologi bahwa budaya asli di wilayah tersebut saling terkait.
Dengan kemampuan yang lebih baik untuk mengurutkan DNA manusia purba, Schroeder yakin, peneliti bisa melacak kelanjutan hidup suku lain yang dianggap sudah punah. (Sarah Gibbens/National Geographic)
Artikel ini pernah tayang di National Gegraphic Indonesia 
Artikel Asli
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==