4 Bahaya yang Mengintai Kamu yang Doyan Banget Makan Kerang

4 Bahaya yang Mengintai Kamu yang Doyan Banget Makan Kerang
Kerang merupakan salah satu jenis seafood yang digemari oleh banyak orang, tapi kebanyakan makan kerang bisa berbahaya lho, Teens.
Kerang merupakan salah satu jenis seafood yang digemari oleh banyak orang, tapi kebanyakan makan kerang bisa berbahaya lho, Teens. 
Kalian suka kerang? Wajar, kok. Selain rasanya yang enak dan kemudahannya untuk ditemukan dimana-mana, kerang juga masuk dalam kategoriseafood dengan harga yang terjangkau (murah).
Walau begitu, segala sesuatu yang berlebihan jelas tidak akan berdampak baik bagi kesehatan kita. Untuk kamu yang gemar makan kerang bahkan sampai bisa makan si seafood satu ini hampir setiap hari, ternyata ada beberapa bahaya yang siap mengintai kalian nih. Yuk kita simak!
Kandungan logam berat
Tahukah kamu? Kalau kerang memiliki sifat menyedot apa yang ada di sekitarnya untuk bertahan hidup. Sayangnya, kerang tidak memiliki filter sehingga ia benar-benar menyedot semua yang berada disekitarnya dan hal inilah yang bisa mendatangkan racun bagi tubuh kita. Yup, tentu kita tidak lupa kan kalau lingkungan tempat kerang hidup biasanya diselingi oleh lembah-lembah industri yang memiliki kandungan logam berat? Nah, terbayang nggakTeens kalau si kerang yang kalian konsumsi semasa hidupnya berada di lingkungan tersebut dan terus-menerus menyedot limbah berat.
Kerang punya kandungan logam (dok. unsplash)
Kamu bisa terkena Alzheimer
Bahaya kedua yang mengintai kamu adalah kamu bisa terkena Alzheimer di hari tua. Hal ini terjadi karena kandungan zat besi yang terdapat di dalam kerang. Walaupun pada dasarnya zat besi baik untuk tubuh kita karena dapat membentuk energi seluler dan pengangkut oksigen di dalam tubuh kita. Namun, saat tubuh kita memiliki terlalu banyak zat besi didalamnya, kamu bisa terkena beberapa penyakit seperti diare, kerusakan hati, dan juga diabetes. Terlalu banyaknya zat besi di dalam tubuh juga akan menjadi pemicu meningkatnya kemungkinan Alzheimer. Wah, seram ya!
Keracunan
Masih ada hubungannya dengan bahaya kerang yang pertama, sifat kerang yang menyedot segala sesuatu yang ada di sekitarnya untuk bertahan hidup membuat kerang rentan akan kandungan zat-zat yang bisa membuat manusia yang mengkonsumsinya keracunan. Biasanya sih gejala keracunan kerang ini berupa mual, gatal-gatal, diare, atau bahkan vertigo. Kebersihan kerang sendiri cukup sulit untuk dideteksi, mengingat kecil kemungkinan kita tahu seperti apa lingkungan hidup si kerang saat kita membelinya dari penjual.
Overdosis vitamin B12
Kerang mengandung vitamin B12 yang tentunya menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal ini karena vitamin B12 dapat membentuk asam amino serta enzim yang berperan dalam proses produksi hemoglobin atau HB dan juga memasok darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh kita. Sayangnya, kalau tubuh kita mendapatkan asupan vitamin B12 terlalu banyak, akan ada beberapa masalah kesehatan yang siap mendatangi kamu, misalnya: kulit gatal-gatal, kulit beruam, dan juga diare.
Jangan kebanyakan makan kerang ya, Teens! (dok. unsplash)
Itu dia 4 bahaya yang siap menghampiri kamu yang hobi memakan kerang terlalu sering. Sekalipun kita mengelola kerang sendiri dan bukan membeli kerang matang dari penjual, pada dasarnya kita tidak akan benar-benar tahu seperti apa lingkungan hidup si kerang tersebut. Oleh karena itu, pastikan kalian memberikan batasan bagi diri kalian dalam mengkonsumsi seafood satu ini.
Lebih baik mencegah daripada menanggulangi, bukan? Makanya, jangan terlalu sering makan kerang, ya! 
Artikel Asli
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==